ANAK SAYA MAKAN BANYAK, KENAPA KOK BERATNYA SULIT NAIK ?

ANAK SAYA MAKAN BANYAK, KENAPA KOK BERATNYA SULIT NAIK ?wp-1494948243732.

Banyak orangtua mengeluh kepada dokter, dok ….anakku makannya banyak kenapa kok beratnya sulit naik. ? Pertanyaan klasik ini sering menjadi tanda tanya besar baik orangtua atau dokternya. Tetapi benarkah memang anak tersebut makannya banyak ? Ataukah ada karakteristik tertentu pada anak tersebut ?

BENARKAH PORSI MAKAN ANAKKU CUKUP ? Identifikasi bahwa kecukupan makan anak banyak seringkali relatif sulit. Yang sering terjadi bila dicermati banyak faktor yang mengaburkan informasi atau fakta kualitas dan jumlah asupan nutrisi yang diterima anak. Hal ini disebabkan karena banyak orangtua menyerahkan aktifitas pemberian makan pada pembantu atau orang lain. Seringkali informasi kecukupan makan hanya dilihat dari kosongnya piring atau mangkuk sang anak. Padahal beberapa kasus ditemukan bahwa , karena frustasinya baby sitter memberi makan pada anak, dengan gampangnya dia membuang makanan tersebut di selokan dan dilaporkan anak banyak makan, beres ..!

Contoh lain, pada anak tertentu usia di bawah 3 tahun makan mungkin telah cukup jumlah dan kualitasnya tetapi ternyata asupan susunya sangat kurang, hal ini juga harus diperhirtungkan.

Hal lain yang sering terjadi bahwa anak makannya banyak dalam 1 bulan hanya 5-7 hari tetapi hari lainnya sangat sulit makan. Orangtua hanya menyimpulkan bahwa anaknya banyak makan dari hasil 5-7 hari tersebut, tetapi tidak memperhatikan beberapa hari lainnya yang kadangkala sulit.

Kesalahan lain yang dialami adalah orangtua terutama yang mempunyai anak tunggal, tidak mengetahui berapa jumlah makan anak normal sesuai usia tertentu dan tidak pernah mengukur dengan pasti jumlah yang masuk. Sering didapatkan, orangtua berkeras mengatakan bahwa anaknya makan banyak, tetapi setelah dicermati ternyata tidak optimal. Dok.. anak saya makannya banyak, tetapi waktu ditanya…jumlah susu yang diminum setiap kali …dijawab iya…sih dok cuman bisa minum 90 cc tiap kali minum. Hal lain dok, anak saya habis makan satu mangkok,…tetapi tidak dicermati berapa banyak jumlah dalam satu mangkok. Setelah diteliti cermat ternyata selama ini anak usia 9 bulan hanya diisi 5 sendok makan dewasa. Padahal kemampuan makan anak usia 6 bulan sekali makan adalah 6 sendok makan dewasa, 7 bulan 7 sendok makan, 8 bulan 8 sendok makan, dan seterusnya sampai usia tertentu.

Kondisi lain ternyata, ada kelompok anak tertentu, sejak lahir berat badannya sulit optimal. Biasanya dalam kartu KMS grafik yang ditulis tidak pernah mencapai batas atas. Sayangnya saat ini banyak dokter tidak menulis grafik berat badan yang ada dalam buku kesehatan anak. Anak dalam kelompok ini seringkali beresiko untuk sulit mencapai berat badan optimal pada usia tertentu. Sebagian besar kelompok anak seperti ini mengalami gangguan fungsi saluran cerna. Seringkali ditemui riwayat orang tua yang sama, pada saat usia anak-anak. Tetapi hal ini bukan berarti anak tersebut beratnya kecil menurun dari orangtuanya. Tetapi bila dicermati orangtuanya juga mengalami gangguan fungsi saluran cerna. Mungkin saja yang menurun adalah gangguan fungsi saluran cernanya. Jadi bila gangguan tersebut diperbaiki maka riwayat berat badan yang kurang seperti ayahnya dapat diperbaiki dengan segera.
Sedangkan penyebab lain meskipun jarang adalah masalah genetik, kelainan metabolisme, atau penyakit bawaan lainnya.

DETEKSI DINI SULIT MAKAN DAN GANGGUAN KENAIKKAN BERAT BADAN :

  • saat usia 0-6 bulan kemampuan minum hanya 60-75 cc sekali minum, 6 – 1 tahun hanya 90 cc sekali minum. Minum ASI hanya sebentar (10 menit) tapi sering, produksi ASI sering sisa.
  • Usia 0-4 bulan kenaikkan Berat badan setiap bulan hanya naik < 800 gram. Kenaikan berat badan lebih jelek setelah usia 4-6 bulan.
    Berat badan saat lahir kurang (< 2,500 gram) meskipun usia kehamilan sudah cukup bulan (9 bulan)
  • Memuntahkan atau menyembur-nyemburkan makanan yang sudah masuk di mulut anak dan menepis suapan dari orangtua atau sama sekali tidak mau memasukkan makanan ke dalam mulut.
  • Makan berlama-lama dan memainkan makanan.
  • Kesulitan menelan hanya mau makan makanan cair, lumat dan tidak berserat.
  • Kesulitan mengunyah tetapi langsung menelan makanan. Tidak menyukai variasi banyak makanan. Sering pilih-pilih makanan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s