Mitos dan Kontroversi : Anak Tidak mau Mencoba Makanan Baru

wp-1494948767764.Mitos dan Kontroversi : Anak Tidak mau Mencoba Makanan Baru

Mitos dan Kontroversi :

  • Anak sulit makan tidak mau atau sulit mencoba jenis makanan baru yang berbeda. Kondisi ini sering disebut dengan neophobia, atau ketakutan untuk mencoba segala sesuatu yang baru.

Fakta:

  • Anak sulit makan bukan karena tidak mau atau sulit mencoba jenis makanan baru yang berbeda.
  • Tetapi karena pada anak sulit makan mengalami gangguan oral motor atau oral hipersensitif. Gangguan itu mengakibatkan gangguan mengunyah menelan sehingga mereka akan pilih pilih atau menolak makanan dengan tekstur tertentu terutama yang berserat seperti sayur, daging sapi atau nasi.
  • Anak seperti ini hanya mau makanan yang tidak berserat dan yang crispy atau kriuks seperti telor, mi, nugget, biskuit, kerupuk dan sejenisnya.
  • Anak sulit makan juga mengalami oral hipersensitif ditandai sulit makan makanan yang lengket, sulit makan makanan yang berasa tajam seperti terlalu manis atau terlalu pahit biasanaya lebih suka yang agak asam.
  • Ternyata gangguan makan tersebut seringkali terdiri dari gangguan nafsu makan dan gangguan mengunyah dan menelan. Kedua hal tersebut ternyata sangat berkaitan dengan gangguan fungsional saluran cerna. Saat gangguan saluran cerna membaik ternyata gangguan sulit makan dan pilih makanan juga akan membaik atau paling tiak berkurang. Tetapi saat pencernaannya tergangguan gangguan makan itu timbul lagi.

wp-1495063470535.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s