Mitos dan Kontroversi : Penyebab suit makan karena Ketagihan ASI dan ASI harus dihentikan ?

wp-1494974941116.

Mitos dan Kontroversi :

Mitos dan Kontroversi : Penyebab suit makan karena Ketagihan ASI dan ASI harus dihentikan ?

Anak sulit makan disarankan stop susu dan ASI, karena penyebab sulit makan dianggap karena terlalu banyak minum susu atau ketagihan susu. Sehingga beberapa dokter mengadviskan menghentikan susu bahkan ada dokter yang menyarankan menghentikan ASI karena anak sulit makan dianggap karena ngempeng ASI mamanya.

Fakta:

  • Sebenarnya saat anak tidak mau makan atau menolak bukan karena bosan tetapi karena nafsu makan yang berkurang.
  • Keadaan ini sering terjadi pada anak kesulitan makan dengan gangguan fungsi saluran cerna seperti mudah muntah saat menangis atau batuk atau mudah atau mudah mual saat disuap makanan atau memasukkan tangan ke mulut. Saat terjadi keluhan mual biasanya nafsu makannnya menurun. Pada saat inilah anak menutup mulut, menepis makanan atau menolak makanan yang karena keluhan mual dan muntah tetapi dianggap karena terlalu banyak susu atau sering ngempeng.
  • Tetapi memang benar saat bayi atau anak dengan saluran cerna yang sensitif sebagai penyebab sulit makan sering disertai gangguan malam rewel atau gelisah karena penrutnya tidak nyaman atau sakit. Hal inilah yang membuat anak sering minta hendong dan sering ngempeng putting ibu tetapi tidak banyak diminum. Memang saat banyak nempel atau ngempeng ke Ibu membuat susu lebih susah tetapi sebenarnya hal itu bukan penyebab utama.
  • Saat ibu mengikuti saran menghentikan susu dan menghentikan ASI banyak kasus tetap membuat anak sulit makan karena penyebab utama saluran cerna tidak diperbaiki.
  • Bahkan banyak anak sulit makan meskipun tidak makan dalam waktu seharian tetap tahan karena memang nafsu makannya hilang saat terjadi mual dan muntah. Justru saat susu dan ASI dihentikan faktanya banyak anak tetap sulit makan bhakan berat badannya semakin menurun karena asupan gizinya semakin berkurang.
  • Susu menjadi penyebab sulit makan bila saat jam makan diberi susu. Sebaiknya beberapa jam sebelum jam makan tiba tidak diberi susu. tetapi saat anak tetap sulit makan setelah itu tetap harus diberi susu untuk pengganti asupan giizi yang kurang.
  • Jalan kelur uyang terbaik bukan menghentikan ASI tetapi memperbaiki fungsi saluran cerna. hal ini biasanya sering terjadi pada penderita alergi saluran cerna dan hioersensitifitas saluran cerna. Saat gangguan slauran cerna membaik ternyata gangguan kesulitan makan juga membaik.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s